Jumat, 08 Agustus 2008

Sepeda Extreme!!


Mau tau gak gimana rasanya naek sepeda berempat?

Gw pernah ngalamin , satu sepeda (kecil) dinaekin sama empat orang.

Ceritanya waktu gw kelas 6 SD. Waktu itu udah mendekati UAN (dulu namanya EBTANAS). Sekolah gw ngadain PM (pendalaman materi). Suatu hari, karena udah ngerasa kepinteran, gw n 3 orang temen gw pengen bolos PM. Bolos, asiknya ngapain? Kebetulan temen gw ada yang bawa sepeda. Jalan2 deh kita… Sialnya, sepedanya cuman ada 1, sedangkan orangnya ada 4! Jadi gimana dong?

Ya udah, akhirnya tuh sepeda bakal kita naekin berempat. Buat persiapan, tuh sepeda bannya kita pompa dulu, biar kuat dinaekin berempat. Selesai dipompa, mulailah kita berempat menaiki sepeda itu. Kita berempat adalah:
- Rendi, temen gw yang badannya (untuk ukuran anak SD) paling gendut. Dia yang duduk di jok (sadel), dia yang megang setang, dia juga yang ngegoess (bahasa apaan tuh?ngegoes=ngegenjot).
- Iwan, ini yang punya sepeda. Dia duduk di batangan tengah. Kebayang kan? Batangan yang di tengah, jadi posisinya nyamping, mirip kayak ibu2 mbonceng motor tukang ojek.
- Jorda, temen gw yang paling kurus. Dia nangkring di setang.
- Terakhir, gw. Gw berdiri di “jalu” (besi yang buat boncengan itu loh), di belakang. Tangan gw pegangan di pundaknya Rendi.
Benar, kita berempat naek di satu sepeda. Dan, sepedanya kayak apa?
Sepedanya lebih kecil dari ukuran sepeda BMX (tapi bukan sepeda roda tiga). Bener2 kecil deh.

Oke.. sepeda pun mulai berjalan. Semeter demi semeter, perjalanan lancar2 aja. Biarpun agak lambat (ya iyalah, yang naek 4 orang), tapi berhubung temen gw yang ngegenjot adalah yang paling sehat dan subur di antara kami, sepeda bisa jalan juga. Coba kalo gw yang ngegenjot, yang ada kaki gw pada rontok.
Kami berempat ketawa2 kegirangan, siapa sangka sepeda kecil gitu bisa dinaekin sama 4 orang? Gw jadi merasa keren sendiri. Kita udah kayak akrobat aja…haha

Setelah beberapa meter berjalan, ternyata di depan kami ada jalan turunan, lumayan curam juga. “Hajar aja Ren,” gw bilang gitu. “Yoi..!” jawab si Rendi. Rendi pun tambah semangat ngegoes sepedanya. “Buset, gila juga nih orang, mau ada turunan malah dikebut,” pikir gw dalem hati. Tapi karena kebawa suasana, akhirnya gw ketawa2 aja. HAHA HIHI. Biarpun dalem hati agak was2 juga.

Akhirnya sampailah kita di turunan “maut” itu. Gak berapa lama setelah sepeda mulai lewat turunan, kejadian aneh itu pun terjadi. Tiba2 aja, terdengar bunyi “BLETAAAKKKHH!!!” kenceng banget. Dan, sedetik kemudian, “WUUUSSHH” gw ngerasa melayang di atas angin. Sedetik berikutnya, gabruk. Sedetik berikutnya (sedetik2 mulu?)…

Yah, kita berempat jatuh dari sepeda. Jatuh, dalam arti sebenarnya. Biarpun gw gak begitu ngerti gimana prosesnya sampe kita jatuh (kejadiannya cepet banget, cuma sekian mili detik), tapi gw bisa ngebayangin kira2 kayak gimana kejadiannya. Yang pasti kita jatuhnya gak ke samping seperti orang2 pada umumnya yang jatuh dari sepeda, tapi kita jatuhnya ke depan.

Oiya, ngomong2, bunyi “BLETAAAKKKHH!!!” tadi itu bunyi apaan yak? Tadinya gw pikir, itu bunyi kaki si Rendi yang copot dari tempatnya. Ternyata bukan. Oh, mungkin itu bunyi velgnya yang bengkok. Karena gak kuat nahan beban, akhirnya bengkok deh. Tapi setelah gw liat keadaannya, ternyata velg-nya sehat2 aja tuh. Bannya juga gak kenapa2. Soalnya kalo bannya meledak, pasti bunyinya bukan “BLETAAAKKKHH!!!”, tapi... Gimana ya? Gw juga gak tau...

Terus itu bunyi apaan? Setelah gw amati keadaan sepeda dengan seksama, ternyata ada yang aneh: GARPU (Fork) nya PATAH!!! Buset dah. Bukan velg yang ancur, malah garpunya. Tapi pastinya gara2 kelebihan beban juga. Apalagi jalan turunan, udah gitu di setang ada orangnya pula. Jadi bebannya numpuk di depan. Patah deh garpunya.

Terus gimana keadaan kami berempat?
- Gw : cuman dengkul gw agak lecet dikit.
- Rendi : kaki n tangannya besot2.
- Iwan : dia nangisin sepedanya yang ancur, sambil nangisin kaki-tangannya yang ancur juga.
- Jorda : Mukanya yang ancur. Jidat nya jadi kayak orang India, ada merah2nya gitu. Tinggal dikasih soundtrack "kuch kuch hota hai" (anjrit, jadul amat..) terus orang2 di sekitar pada nari perut, jadilah sebuah film kolosal India berdurasi 4 jam setengah. Hidungnya dia juga ancur. Padahal dia udah pesek, jadi tambah mendem aja tuh idung. Bibir? Malah jadi tambah maju 2 cm. Kasian banget dah. Soalnya dia yang paling depan, ibaratnya jadi tumbal lah.

Akhirnya kami pun balik ke sekolah. Untung belom jauh dari sekolah. Sampe di sekolah, bukannya ditolongin, kami malah diketawain sama temen2. Temen macam apa ini? Udah diketawain, pake diomelin guru pula. Setelah pada puas ngetawain kami, baru deh kami diobatin.

Yah, akhirnya, kami cuma bisa memetik pelajaran dari kejadian ini.
JANGAN BOLOS PM.
Dan JANGAN NAEK SEPEDA BEREMPAT!!!

1 komentar:

niissa.bingung mengatakan...

ahahahahaha..

pauuunk..pauuunk..
kciil-kciil nekaatt..

hahags.
coba dikembangkan tuh unk.
bisa bikin show sendirii.
lemayaan.. x)