Selasa, 29 Juli 2008

Fogging = gak guna

Beberapa hari yang lalu, tepatnya hari sabtu, 26 juli di komplek gw diadain fogging (pengasapan). Untuk itu, tiap rumah dimintain duit 13.000 rupiah. Emang sih, melihat kondisi yang ada, kelihatannya fogging emang harus dilakukan. Soalnya, jumlah nyamuk yg ada dalam beberapa bulan terakhir ini kayaknya mencapai jumlah yang terbanyak selama gw tinggal di sini (seumur hidup gw).

Pernyataan ini kayaknya gak begitu berlebihan, soalnya bener2 buanyaaaaak banget tuh nyamuk. Gw kalo malem sering gak bisa tidur gara2 banyak nyamuk. Padahal udah make obat nyamuk loh..! Jadi bukan cuma banyak secara kuantitas, secara kualitas juga. Kayaknya nyamuk2 di rumah gw tuh pada dapet ilmu kebal (entah dari Ki Joko Bodo (Amat) atau dari Ki Gendhenk Pamungkas dkk). Masa’ udah make obat nyamuk semprot, obat nyamuk elektrik, tetep aja gak pada mati. Pokoknya nyebelin banget dah.

Sedikit gambaran tentang betapa “perkasa” dan “berkuasa”nya nyamuk di rumah gw:

- Lu gak bakal bisa diem selama sedetik pun. Maksudnya, kalo sedetik aja lu gak bergerak sama sekali, lu pasti udah langsung jadi sasaran empuk dari nyamuk2 ganasss itu. Ada yg di kaki, tangan, muka, sekujur tubuh lu dah. Jadi untuk menghindari nyamuk2 itu hinggap di badan lu, lu kudu gerakin terus badan lu. Paling nggak kaki lu goyang2 gitu lah. Kayak lagi dengerin lagu gitu (padahal nggak).

- Sering banget nyamuk gak mati2 padahal udah gw pukul sekuat tenaga sampe tangan gw perih. Eh, nyamuknya cuma sempoyongan gitu aja. Gak lama kemudian, dia terbang lagi. Apakah ini yang namanya NYAMUK MUTAN ya? Sumpah gw kesel banget kalo ada yg kayak gini.

Kembali ke masalah Fogging, sebenernya gw kurang setuju sama yang satu ini. Menurut gw fogging is not a right solution. NOT AT ALL..!!

Kenapa? Berdasarkan pengalaman, tiap kali abis diadain fogging, pas hari pertama emang nyamuknya bisa dibilang gak ada. Kalo pun ada, paling cuma satu-dua biji dan bisa dimusnahkan dengan mudah.

Hari kedua? Believe It or Not, jumlah nyamuk udah kembali kayak kondisi awal (sebelum diadain fogging). Dan gilanya lagi, mereka dateng dengan keganasan dan agresivitas DUA KALI dari semula. Sulit dipercaya? Tapi emang begitu keadaannya. Dan terus berlanjut ke hari2 berikutnya…

Jadi apa gunanya fogging?

Selain buang2 duit, rumah kita juga jadi kotor, kita jadi susah napas gara2 asap beracun yg digunakan, udah gitu kita justru membantu meng-evolusi-kan nyamuk jadi semakin kuat.

Terus apa solusinya?

Pemerintah kan udah dari dulu menggembor2kan 3M, Menguras, Menutup, Mengubur. Iya kan? Gak ada kan perintah M satu lagi, Mengasapi? Jadi buat apa kita mengasapi?

Kalo menurut gw ya 3M itu aja. Intinya dari 3M itu kan: Membersihkan..! Bersihkan rumah kita, bersihkan lingkungan kita. Jadi solusi yg lebih baik sih menurut gw adain aja kerja bakti, daripada fogging gitu. Selain gak perlu biaya, kerja bakti juga meningkatkan kebersamaan antar warga.

Pokoknya jaga kebersihan lah..!

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Gw tau kenapa nyamuk2 tu g pada pergi..pertama,mereka tu ngliat lu yang notabene mirip nyamuk (kurus,jorok,kalo kencing jongkok)..tinggal pake sedotan aja di mulut,truz lu bakal digebukin rame2 ama tetangga2 lu,dikira nenek moyangnya nyamuk..
Kedua,tu nyamuk pada minum irex,jadi bisa tahan lama gitu..saking kebanyakan minum irex,mereka cenderung milih cewek buat dijadiin sasaran..lu harusnya tenang2 aja,cz nyamuk2 mabok irex tu g mungkin nyerang lu,secara g ada yang bisa diisep dari lu yang kurus tu..huwe he he he..

salamenggila_

paunk mengatakan...

tau dari mana lu gw kalo kencing jongkok?
lu suka ngintipin gw ya?

hahaha